Friday, May 6, 2011

AFS, Complaints, and.... the badass vampire, Damon Salvatore!

Meong meong guk guk. Beginilah akibatnya kalo habis ngerjain MYE Social Studies dan Geography dalam satu hari. Bisa-bisanya gurunya ngegabungin dua pelajaran itu... -_- Tangan sampe pegel banget. Kayak kata Mrs Ali, tadi tuh writing marathon. I hope I win haha.

Okay, first things first. Seleksi AFS! GILAAA SUSAH BANGET. Oh tapi sebelumnya, saya mau komentar panjang lebar dulu tentang seleksinya. Jadi seharusnya kan test pertama, Pengetahuan Umum (PU) mulai jam 8. Jam 8 semua pesertanya udah pada masuk ruangan tuh. Ditunggu 5 menit, pengawas belom dateng. 10 menit, belom dateng juga. Setengah jam... Belom dateng juga. Akhirnya jam 8.45 pengawasnya baru dateng! Trus akhirnya mulai testnya juga jam 9... Telat sejam! Emang sih Indonesia dimana-mana ngaret, tapi ini kayaknya ngaretnya lebay. Kalo ngaret normal tuh paling cuman 15 menit gitu, lah ini 45 menit. Ckck. Oke kembali ke topik utama. Test PUnya susah banget. Buat yang tahun depan mau daftar AFS, nih ada beberapa bocoran / contoh-contoh soal...

  1. Bakal ada soal-soal tentang current affairs. Contohnya, Indonesia tahun ini jadi host SEA games yang ke 26. Kemaren soalnya ada yang keluar tentang itu. Trus ex president of Egypt, Hosni Mubarak baru-baru ini kan turun dari jabatannya. Kemaren ditanyain soal semacam gini: "Siapakah presiden Mesir sebelum Hosni Mubarak?"
  2. Ada juga soal-soal tentang lagu-lagu nasional. Pas kemaren, ada satu soal yang ngasih lirik lagu, trus ditanyain siapakah pengarangnya. Ada juga yang ngasih lirik lagu trus ditanya judul lagunya apa.
  3. Ada juga soal-soal matematika dasar. Misalnya ada 24 orang, setiap orang dikasih 6 coklat. Kalo ada 18 orang, setiap orang dapet berapa coklat? Ada juga yang ada sebuah lingkaran gitu, trus ada... Sector? Atau apa itu lah, dikasih sudutnya, trus ditanya itu area nya berapa?
  4. Ada juga soal-soal dasar Biologi sama Kimia. Kalo kemaren Biologi ada yang tentang virus virus apa lah itu, trus kalo Kimia tentang simbol-simbol element di Periodic Table gitu.
  5. Ada yang tentang sejarah Indonesia. Kemaren ditanyain Majapahit masa emas nya atau apa lah itu pas raja nya siapa? Trus ada juga tentang Borobudur, ditanyain relief Karmawibhangga (atau apa lah itu) bercerita tentang apa?
  6. Selain itu, ada juga yang tentang Bahasa Indonesia. Pas kemaren ada 4 kalimat gitu, trus ditanyain kalimat mana yang penggunaan awalan di- nya salah.
  7. Harus tahu tentang pahlawan-pahlawan Indonesia! Kemaren ada soal yang tentang R. A. Kartini gitu.
  8. Selain itu, ada juga tentang singkatan-singkatan gitu, contohnya "AIDS adalah singkatan dari..."
  9. Teruuusss ada juga soal-soal Geografi! Kemaren ditanyain tentang "Negara ... berbatasan di darat dengan negara apa?" pokoknya gitu-gitu lah.
  10. Ada juga tentang pemanasan global. Ditanyain gitu, pemanasan global adalah...
  11. Ada juga tentang award-award gitu, yang di Indonesia sama mancanegara. Contohnya, kemaren ditanyain "Alicia Keys memiliki berapa Grammy Award?" "Yang bukan merupakan nominee Grammy Award tahun ini adalah?" "Kata 'Grammy' diambil dari?"
  12. Soal yang paling gampang nih: Tentang Justin Bieber. Ini kayaknya soal gratisan gitu deh, supaya gak ada yang nilainya 0. -_-
  13. Ada juga tentang motto/slogan/apa lah dari Angkatan Darat/Laut/dan lain-lain
  14. Apa lagi ya..? Lupa :|
Pokoknya susah banget lah PU nya. Dari 100 soal yang pasti jawabannya tuh kurang dari 50 soal... Gila banget sih soalnya -_- Ini mah namanya bukan pengetahuan 'umum', tapi pengetahuan macem-macem (?) Oh ya, pengetahuan umumnya ini bisa dari yang bertahun-tahun lalu sampe cuman beberapa hari sebelum test lho.

Kalo Bahasa Inggrisnya relatif mudah lah. Rada mirip-mirip UN gitu. Ada 3 section, comprehension (jadi dikasih passage trus ntar ada soal-soal tentang passage nya), trus vocab sama apaa gitu lupa. Hehe.

Kalo Bahasa Indonesianya ada 3 pilihan soal:
  1. Jika kamu menjadi Menteri Pendidikan, apa yang akan kamu lakukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia?
  2. Sebutkan 3 prinsip hidup kamu dan jelaskan bagaimana prinsip-prinsip itu dapat membantu kamu untuk mencapai cita-citamu.
  3. Apabila kamu berada di posisi orang tuamu, apa yang akan kamu nasihatkan kepada dirimu saat ini?
Gue pilih yang nomor 2 :D Sebelom berangkat seleksi gue udah konsultasi sama Dady dulu hahaha, brainstorming untuk essay nya. Untungnya soal essay yang keluar mirip-mirip sama yang udah dipikirin.

Nanti tanggal 20 Mei, hasil testnya bakal diumumin di website chapter masing-masing. Gueu pingiiiiiiiiiiiin banget nih... Semoga lolos seleksinya... Tapi ya kalo nggak lolos... Ya sudah lah nggak papa. Yang penting udah usaha :D Tapi yang nyesek itu adalah kalo gue gak lolos dan temen-temen yang lain pada lolos semua. Nyesek banget itu, nyesek. Kalo misalnya itu bener-bener terjadi, malu banget deh -_-

Oke sekarang lanjut ke topik berikut. Apa ya? Hm hm. Oh ya. Selanjutnya saya hanya ingin ngomel-ngomel saja, jadi bagi yang tidak tertarik mendengan omelan dan keluhan saya, silakan tinggalkan blog post ini :-) Terima kasih.

Yang pertama... Bisa gak sih kalo ngantri itu yang sabar? Kemaren pas di airport, pas baru ngantri masuk pesawat, biasa lah, banyak orang yang kayak gak sabar banget pingin masuk pesawat trus ngedesek-desek gitu. Emang ada apa sih di pesawat? Masuk ke pesawat duluan kan bukan berarti sampe duluan. Sampenya juga sama-sama kaleee. Gak perlu buru-buru...

Yang kedua, untuk orang yang merokok, tolong jangan merokok di tempat-tempat yang tidak diperbolehkan untuk merokok (?) Maksudnya merokok itu di tempat yang bener kek. Kemaren saya masuk lift pas baru mau berangkat sekolah atau pulang gitu, trus baru masuk bau rokok udah kerasa banget. Hueeek, gak enak! Untuk orang yang merokok, you need to know that when you smoke in public, you are also affecting the people around you. Dan katanya, menjadi perokok pasif itu lebih bahaya daripada perokok aktif. Walaupun saya gak ngerti gimana bisa kayak gini, tapi kalo itu bener... Wah wah wah. Jangan sampe lah. Keenakan nanti, yang ngerokok siapa kok yang menanggung risiko nya orang lain.

Yang ketiga, berkaitan dengan seleksi AFS kemaren, untuk semua orang-orang di Indonesia.... Tolong jangan biasain ngaret. Saya juga kadang-kadang ngaret sih, tapi belakangan ini saya udah usaha supaya gak ngarett. Gak enak kalo misalnya kita janjian ketemuan orang, dan orang yang kita tunggu itu telat. Kalo gak mau digituin, makanya sendirinya jangan suka telat!

Kayaknya sebenernya gue mau ngeluh tentang banyak hal tapi sekarang lupa -_- Ya sudah lah. Lagipula, ngeluh itu gak baik kan?

Last but not least.... I JUST WATCHED THE VAMPIRE DIARIES SEASON 2, EPISODE 21. It was EPIC, man! Saya menitikkan air mata berkali-kali.... Hiks hiks :'( Bener-bener sedih deh. Tiga orang mati. Jenna Sommers mati. John Gilbert mati. Witch jahat mati (gak peduli sih yang ini). Kasian banget Jenna. Dia gak salah apa-apa, malah mati. Oh ya, screw you, Elijah! You traitor! Kesel banget sama Elijah... Dasar Elijah sialaan...! Katanya bisa dipercayain... Eh malah berkhianat. Trus kasian Damon! Damon cannot die! Tapi mustahil juga sih kalo Damon mati. Dia kan salah satu tokoh utama TVD. Dan pasti kalo Damon mati... Jumlah orang yang nonton TVD bakal berkurang drastis. Bener deh. Tanpa Damon, TVD gak bakal sama. *eaaa

Oke kayaknya gitu aja. Minggu depan bakal jadi minggu yang sangat sibuk. Mid Year Exams!

5 comments:

  1. wew.. saya baru mau ikut afs nih.. thx for the info, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. maaf numpang lewat mau nanya, itu tes nya essay ya kak?mkasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test yg manaa? Bahasa Inggris & Pengetahuan Umum nya pilihan ganda kok, tapi yang Bahasa Indonesia essay :)

      Delete
  3. mf kak ,kami mery di jambi. kakk tau gak kisi2 soal afs tahun ini ? masalahnya minat pake banget nih pgin ikutan ini. kalo bisa kirim kisi2nya ke email kami aja ya kak, memeyayu15@gmail.com
    makasih sebelumnya ya kak :)

    ReplyDelete